selamat datang PENGUSAHA!!....... didalam situs ini sudah ada 8 labels yang anda dapat pelajari, yakni; BIOGRAFI, BUSINESS PLAN, INFO, KATA-KATA MOTIVASI dan INSPIRASI, PELUANG USAHA, PERJALANAN USAHA,STRATEGI PEMASARAN, DAN TIPS USAHA!!, selamat menikmati.................... MAN JADDA WA JADDA!!

Facebook Fenomena US$ 15 Miliar



Facebook Fenomena US$ 15 Miliar
Budi Winoto

Jakarta � Situs paling fenomenal, Facebook pekan ini berulang tahun kelima. Banyak yang tak menyangka Facebook dibuat remaja 19 tahun Mark Zuckerberg. Ia pun kaya mendadak dengan pundi US$ 1,5 miliar. Facebook juga ditaksir berharga US$ 15 miliar.

Siapa sangka situs yang awalnya hanya digunakan beberapa mahasiswa agar tetap bisa saling berhubungan, saat ini telah menjadi bisnis triliunan rupiah. Facebook menjadi fenomena global, karena 15 juta user di seluruh dunia mengupdate statusnya setiap hari.

Mark Zuckerberg saat memulai Facebook dari asramanya di Harvard pada 2004 masih berumur 19 tahun. Hanya dalam hitungan 24 jam, lebih dari 1.000 orang teman kuliahnya di Harvard ikut mendaftar di situs jaringan sosialnya itu. Hanya dalam tempo satu bulan, setengah mahasiswa di kampus itu telah memiliki profile di Facebook.

Lima tahun berlalu, situs ini kini memiliki 150 juta user di seluruh dunia. Dan Zuckerberg yang kini berumur 24 tahun telah jadi miliader termuda di planet kita. Forbes memperkirakan kekayaannya mencapai US$ 1,5 miliar.

Majalah Time juga memasukkan Zuckerberg dalam daftar 100 orang yang berpengaruh di muka bumi pada 2008. Craig Newmark pendiri situs iklan baris Craigslist yang juga fenomenal, menyebut Zuckerberg telah menemukan sarana jaringan sosial yang tidak hanya merefleksikan kehidupan tapi lebih dari itu.

Bersama dengan MySpace dan Bebo, Facebook membawa jaringan sosial makin popular. Selebriti pun tak segan ikut di dalamnya, termasuk politisi dan bisnisman top.

Dalam laporan yang ditampilkan di situs Facebook terbaru, 15 juta user mengupdate statusnya setiap hari. Selain itu lebih dari 850 juta foto ditambahkan ke situs itu tiap bulan, dengan rata-rata teman yang dimiliki user mencapai 120 orang.

Facebook pula yang mengantarkan Barack Obama memenangi pemilihan umum AS pada tahun lalu. Obama berhasil menarik pemilih muda melalui Facebook yang sebelumnya kurang mendapat perhatian dari kandidat. Dalam blog menandai ulang tahun Facebook, Zuckerberg mengatakan telah membuat dunia makin terbuka dan makin mudah bagi orang menyuarakan aspirasinya.

"Selama lima tahun terakhir kultur internet juga berubah. Sebelumnya orang malas mengumbar identitas aslinya secara online. Tapi Facebook menawarkan lingkungan yang aman dan terpercaya untuk berinteraksi secara online dan membuat jutaan orang nyaman mengekspresikan dirinya," katanya.

Meskipun masih kontroversi, tapi harga situs Facebook diperkirakan sangat luar biasa. Perusahaan ini berhasil menarik lebih dari US$ 200 juta uang investor pada 2006. Facebook juga berani menolak tawaran US$ 1 miliar dari Yahoo.

Pada 2007 Microsoft membayar US$ 250 juta hanya untuk 1,6% kepemilikan saham. Jika ditotal, harga Facebook bisa mencapai US$ 15 miliar. Tapi krisis global yang menghantam bisnis iklan online yang merupakan sumber pendapatan utama Facebook, bisa membuat harganya turun.

"Facebook belum mengalami sukses terbesarnya. Ia menjual iklan dan bisa menghasilkan pendapatan, tapi keuntungannya tidak luar biasa meskipun dia menguntungkan," kata analis Adam Lashinsky.

"Tidak ada yang meragukan Facebook sangat popular, tapi tidak berarti perkembangannya sangat luar biasa dan bisa menjadi mega bisnis semacam Google, Microsoft atau bahkan seperti pesaingnya MySpace," tambahnya.

Facebook bukan tanpa antisipasi. Karena industri seperti ini bergerak sangat cepat, Mark Zuckerberg mengatakan dia terus berkomitmen membuat Facebook tetap relevan di masa datang.

"Membangun dan bergerak cepat selama lima tahun terakhir tidak mudah dan kami belum selesai. Tantangan memotivasi kami untuk terus inovatif dan membongkar hambatan teknis untuk menghasilkan cara yang lebih baik untuk berbagi informasi," katanya.

Jadi kira-kira bakal seperti apa di ulang tahun Facebook tahun depan. Apakah situs ini bakal tutup karena kurangnya iklan akibat krisis global? Ataukah makin marak dengan layanan yang telah mengalami penyempurnaan. [E1]
sumber: INILAH.COM

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar