selamat datang PENGUSAHA!!....... didalam situs ini sudah ada 8 labels yang anda dapat pelajari, yakni; BIOGRAFI, BUSINESS PLAN, INFO, KATA-KATA MOTIVASI dan INSPIRASI, PELUANG USAHA, PERJALANAN USAHA,STRATEGI PEMASARAN, DAN TIPS USAHA!!, selamat menikmati.................... MAN JADDA WA JADDA!!

Yamaha Siapkan Strategi Pemasaran Baru

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Untuk memperkuat daya cengkeramnya di ASEAN dan negara Asia lain dengan perekonomiannya tumbuh pesat, seperti India dan China, Yamaha Jepang mempersiapkan produk dengan teknologi yang lebih canggih. Strategi ini bisa pula dinilai untuk memperkuat daya saingnya terhadap Honda yang merajai pasar sepeda motor di kawasan Asia dan Asean.

Rencana Yamaha menelorkan produk baru dan canggih tersebut terungkap dari program yang dipresentasikan dalam rangka meningkatkan penjualan saham mereka ke publik atau bursa efek mencapai US $812 juta atau 76.106.720.000 yen (bila dikonversi menjadi Rp7.389.200.000.000) pada minggu lalu.

Irit Bahan Bakar
Dijelaskan, sebagian dana yang diperoleh dianggarkan untuk mengembangkan bisnis sepeda motor di negara berkembang, terutama Asia yang terus mengalami pertumbuhan tinggi. Untuk itu Yamaha akan melakukan ekspansi agresif, baik kuantitas maupun kualitas produk.

Dijelaskan pula, perusahaan berlogo tiga garpu tala ini akan mengembangkan sepedamotor irit bahan bakar yang merupakan tuntutan konsumen di negara-negara Asean. Karena itu pula, dalam waktu dekat Yamaha akan mengembangkan dan memasarkan sepedamotor berteknologi injeksi. Di samping itu juga akan memperkuat “image” dengan meluncurkan model baru.

Direncanakan pula, produsen #2 Jepang ini akan mengembangkan sepedamotor listrik dan sepeda ber motor listrik. Khusus untuk negara-negara Asean, termasuk Indonesia - pasar terbesar Yamaha di dunia saat ini - produk yang akan dipasarkan semakin irit konsumsi bahan bakarnya. Target Yamaha, konsumsi bahan bakar bisa diturunkan sampai 50 persen sampai pada 2015 dibandingkan dengan produknya yang dibuat pada 2008.

Untuk ini , Yamaha akan mengucurkan dana 202 miliar yen ( Rp19,594 triliun) dalam tiga tahun fiskal 2010-2012. Sedangkan untuk riset pengembangan mesin ramah lingkungan, dialokasikan 34,7 miliar yen (Rp3,366 triliun).

India dan China
Strategi lain yang dilakukan Yamaha adalah mengurangi biaya aktivitas agar laba perusahaan naik. Sedangkan untuk pasar India dan China, Yamaha akan membuat sepeda motor harga murah. Tujuannnya untuk meningkatkan volume dan membangun jaringan penjualan yang semakin tinggi permintaannya.

Di China, Yamaha juga akan meluncurkan model baru yang memenuhi standar emisi gas buang, membangun jaringan penjualan di luar kota dan melakukan kerjasama dengan pabrikan lokal. Dengan cara tersebut diharapkan volume penjualan akan meningkat di negara tersebut. Karena itu pula, akan terus memperkenal model baru untuk menarik konsumen.

Juga direncana lain, India dan China akan dijadikan pusat produksi sepeda motor untuk pasar global. Untuk itu, sekitar 19.3 miliar (Rp1,87 triliun ) dianggarkan untuk investas membuat sepedamotor murah di India dan China. Program lainnya, 8 miliar yen (Rp776 miliar) untuk mengembangkan motor listrik dan sepeda bermotor listrik.


Editor : oro
Source : Kompas.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar